Resep Masakan Opor Ayam Yang Sehat Dan Enak

Opor ayam, baru mendengar kata-kata dari masakan tersebut mungkin kita sudah ngiler bukan. Daging ayam memang selalu enak dimasak dalam bentuk apapun, apalagi jika dimasak hingga menjadi opor. Selain dagingya, kuahnya yang dicampur dengan santan juga memiliki rasa yang khas dan lezat. Mungkin masakan yang satu ini sangat cocok sekali untuk menu berbuka puasa, dengan kuahnya yang dapat menghilangkan rasa dahaga belum lagi rasanya yang gurih dan kaya akan rempah tersebut membuat semua orang yang mencicipinya menjadi tak sabar untuk segera melahap makanan tersebut. oleh karenanya dikesempatan kali ini, akan dijelaskan mengenai resep masakan opor ayam terlezat dan terenak.

Cara Membuat Opor Ayam yang enak

Resep Masakan Opor Ayam

Sebelum itu ada baiknya, jika kita bahas terlebih dahulu mengenai kandungan nutrisi didalam daging ayam. Tidak elok juga bila kita tidak tahu kandungan nutrisi apa yang terdapat dalam masakan yang akan dimasak untuk menu santap bersama keluarga bukan. Pada daging ayam terdapat bermacam-macam nutrisi seperti zat besi, vitamin B5, berbagai macam mineral, niacin, kandungan protein yang tinggi, kalsium dan fosfor. Zat-zat diatas memiliki manfaat kesehatan diantaranya untuk mengatasi anemia atau kurang darah, vitamin B5 juga memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa stress bagi wanita yang sedang haid, menjaga sistem imun yang lebih baik, dan niacin dapat menurunkan kadar kolesterol , membersihkan sel-sel penyebab kanker.

Nantinya didalam resep masakan opor ayam juga akan menggunakan kuah santan sebagai penyeimbang rasa. Ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yaitu, Menjaga elastisitas kulit dan pembuluh darah Membantu memperkuat tulang Membantu mencegah anemia Membuat otot lebih santai, Membantu menurunkan berat badan, Mengurangi resiko peradangan sendi Menurunkan tekanan darah dan Menjaga ketahanan tubuh. Semua itu dikarenakan didalam santan mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh diantaranya copper, fosfor, zat besi, vitamin C, magnesium, serat, selenium dan zinc yang baik untuk kesehatan kelenjar prostat.

Langsung saja kita menginjak ke langkah-langkah untuk memasaknya. siapkan bumbu-bumbu masakan opor ayam yang terdiri dari bumbu halus dan bumbu kasar. Untuk bumbu kasar sediakan bahan-bahan sebagai berikut; 1 ekor ayam kampung ( dipotong-potong sesuai selera),1 liter santan, garam secukupnya, 2 batang sereh, gula secukupnya, 3 cm lengkuas. Kemudian sediakan juga bumbu kasar sebagai berikut; 5 butir kemiri, 3 cm kunyit, 1/4 sendok teh jintan, 7 siung bawang merah, 1/4 butir pala, 1 sendok teh merica butiran, 5 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar. Mungkin bumbu tersebut sudah cukup untuk membuat opor ayam, namun apabila anda ingin berkreasi dengan menambahkan bumbu-bumbu lain lagi, sesuai dengan feeling anda.

Setelah itu langsung saja kita lanjutkan ke tahap pemasakannya, sebelum itu usahakan alat-alat dapur yang digunakan higienis dan juga gunakan perlengkapan masak seperti celemek kalau perlu kaos tangan untuk memasak, namun jika tidak memiliki kaos tangan memasak sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu sebersih mungkin. Hal ini memang sangat sepele, namun sangat penting untuk menjaga kehigienisan dari masakan dan juga untuk menghindari dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan seperti sakit perut misalkan.

Begini cara memasaknya, Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan jahe, daun salam, lengkuas, dan serai. Aduk-aduk hingga berbau harum, ingat api jangan terlalu besar karena dapat menyebabkan tumisan menjadi gosong. Masukkan daging ayam, aduk biar bumbu tercampur rata, masak sampai berubah warna. Tuangkan air santan, tambahkan garam dan gula secukupnya. Terakhir cicipi masakan tersebut apakah sudah pas apa belum, apabila kurang asin tambahkan garam secukupnya sampai rasanya pas sesuai selera anda. Setelah matang, angkatlah dan matikan kompor. Nah opor ayam dengan resep yang pas, siap disajikan.

Menu masakan opor ayam, sangat enak ketika dihidangkan dalam kondisi hangat, karena ketika sudah dingin rasanya menjadi kurang segar dan hambar. Selain itu makanlah dengan nasi dengan porsi yang tidak terlalu banyak, bila nasi kebanyakan maka bentuknya malah menjadi seperti bubur sehingga menjadi tak enak dipandang dan jangan lupa untuk menyediakan krupuk, seperti kata orang indonesia makan tanpa krupuk maka akan ada suatu perasaan yang kurang lengkap.

Mungkin cukup sekian resep masakan opor ayam yang dapat saya berikan. Semoga penjelasan yang telah disertakan dengan manfaatnya bagi kesehatan tersebut juga sangat membantu. Akan tetapi sekali lagi saya ingatkan jangan sering-sering mengkonsumsi makanan yang mengandung santan secara berlebihan, karena kandungan lemaknya dapat meningkatkan kolesterol. Jadi untuk para ibu rumah tangga, bersikap bijaklah dalam menyajikan ragam menu untuk keluarga tercinta. Sekian pembahasan ini, terima kasih dan semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca.

No comments:

Post a Comment