Resep Masakan Ayam Panggang Bumbu Pedas Yang Menggoyang Lidah

Resep masakan ayam panggang memang selalu menarik hati untuk mengupasnya secara lebih rinci. Olahan ayam satu ini memang sudah bukan lagi hal yang baru bagi masyarakat Indonesia, kekayaan rempah-rempah yang melimpah membuat olahan masakan yang ada sangatlah beragam rasa yang begitu nikmat.

Ayam panggang bumbu pedas memang menjadi favorit banyak orang baik anak-anak hingga orang dewasa maupun kalangan kelas bawah hingga atas. Kenikmatan yang dihasilkan memang sangat sukses menggoyang lidah para penyantapnya sehingga tidak heran jika banyak orang yang penasaran dengan resep untuk membuat ayam panggang tersebut. Jika anda juga ingin mengetahuinya maka jangan berhenti menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Resep masakan ayam panggang

Bagi para pecinta kuliner tentunya ayam panggang selalu mendapat tempat khusus berkat kenikmatan yang dihasilkannya tersebut. Bagi para ibu rumah tangga tentunya cukup tertarik untuk mencoba resep olahan ayam panggang bumbu pedas ini sebagai langkah dalam memberikan variasi sajian makanan untuk anggota keluarga tercinta.

Namun sebelum anda mengupas resepnya lebih lanjut, maka sangat perlu diketahui bahwa setiap daerah sendiri memiliki ciri tersendiri untuk olahan ayam panggang bumbu pedas ini sehingga anda tidak perlu kebingungan ketika mengetahuinya. Tetapi hal yang harus anda pahami bahwa bumbu-bumbu yang digunakan adalah rempah-rempah asli Indonesia sebagai rahasia masakan yang begitu menakjubkan.

Setelah menyimak sedikit ulasan di atas tentunya anda akan semakin penasaran dengan resep ayam panggang bumbu pedas tersebut. Hal tersebut tentunya dialami para ibu rumah tangga yang sangat ingin menyajikan ayam panggang istimewa dengan bumbu pedas ini. Untuk menjawab rasa penasaran anda maka sebaiknya jangan berhenti untuk menyimak ulasan artikel yang menarik ini agar anda bisa segera mempraktekkan resep ayam panggang bumbu pedas ini. Nah agar tidak berlama-lama lagi maka segera saja simak ulasan yang lebih lengkapnya berikut ini.

Aneka bahan ayam panggang bumbu pedas

  • 1 ekor ayam segar atau seperlunya
  • 4 jeruk nipis segar
  • Garam dapur sesuai kebutuhan
  • Minyak secukupnya
  • 4 batang serai, bersihkan dan memarkan
  • Daun jeruk secukupnya, bersihkan dan iris kecil-kecil sekaligus buang tulangnya
  • 4 cm jahe, bersihkan dan memarkan
  • 4 lembar daun pandan, bersihkan dan simpulkan
  • Kecap manis sesuai kebutuhan

Bahan bumbu halus ayam panggang

  • 8 siung bawang merah, kupas dan bersihkan
  • 4 siung bawang putih, kupas dan bersihkan
  • Cabai rawit segar sesuai kebutuhan
  • Cabai merah besar secukupnya
  • 1 sendok teh merica butir
  • Penyedap rasa (sesuai selera)

Tahapan pengolahan ayam panggang bumbu pedas

  1. Langkah pertama untuk mengaplikasikan resep masakan ayam panggang dengan bumbu pedas ini adalah menyiapkan berbagai bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengolah ayam panggang tersebut
  2. Untuk tahap kedua mulai dengan ayam, bersihkan ayam kemudian sisihkan dalam wadah bersih.
  3. Setelah ayam siap mulai lumuri dengan air jeruk nipis dan garam hingga merata. Diamkan ayam sekitar 15 hingga 20 menit agar bau amisnya hilang dan ayam lebih tahan dan segar
  4. Selagi menyisihkan ayam, mulai siapkan wajan untuk mulai menumis berbagai bumbu yang akan digunakan untuk mengolah ayam
  5. Sebelum itu haluskan semua bahan untuk bumbu halus seperti pada daftar di atas, sisihkan.
  6. Setelah itu mulai masukkan minyak pada wajan kemudian masukkan semua bumbu halus yang sudah anda siapkan tadi, tambahkan serai, daun jeruk, jahe serta daun pandan dan beri kecap manis sesuai selera anda.
  7. Sembari itu tetap aduk bumbu hingga berbau harum kemudian mulai masukkan ayam sedikit demi sedikit ke dalam wajan
  8. Aduk secara merata ayam dalam wajan hingga bumbu meresap sempurna pada ayam. Tunggu hingga ayam matang dan empuk. Sisihkan ayam agar tiris
  9. Siapkan alat pemanggang sebelum mulai mengolah ayamnya
  10. Masukkan ayam satu persatu ke alat pemanggang sembari dilumuri dengan sisa bumbu yang ditumis tersebut
  11. Bolak balikkan ayam yang dipanggang sembari terus diolesi bumbu di setiap bagian agar bumbu meresap dengan sempurna
  12. Setelah matang angkat dan sisihkan ayam panggang dalam wadah
  13. Siapkan ayam di wadah khusus dan ayam panggang bumbu pedas siap disantap.

Melihat beberapa tahapan dalam mengolah ayam panggang bumbu pedas di atas tentunya anda akan sangat tertarik untuk segera mencobanya. Resep di atas sangatlah mudah untuk diikuti oleh siapapun karena bahan dan bumbu yang digunakan cukuplah sederhana dan mudah didapatkan. Nah terutama bagi para bunda maka jangan lewatkan untuk mencoba resep ayam panggang bumbu pedas ini untuk memberikan variasi resep masakan sehari-hari dalam keluarga anda.

Demikianlah ulasan kami mengenai resep masakan ayam panggang bumbu pedas yang dapat kami berikan kepada anda. Semoga berbagai uraian di atas bermanfaat untuk anda terutama yang gemar mencoba resep-resep baru. Dengan selalu mencoba hal baru tentunya anda akan mendapatkan banyak pelajaran berharga untuk selalu maju ke depan dalam menjalani hidup.

No comments:

Post a Comment